Friday, October 28, 2005

Psychedelic

Teman.
Kepercayaan.

Dua kata itu seharusnya berjalan beriringan. Iya nggak?
Kalau kita mau berbicara didalam konteks seseorang yang idealis, mungkin dia akan menjawab: Iya.

Kalau seorang realis, kira2 akan bagaimanakah dia menjawab? Kalau aku pribadi, sebenarnya untuk menuliskan jawaban seorang realis agak2 susah. Mungkin aku tau didalam diri sendiri kalau jawaban "Tidak" akan muncul. Tapi sepertinya nggak tega untuk mengakui bahwa "teman" dan "kepercayaan" bisa menjadi dua hal yang nggak berjalan bareng2.

Aku nggak tau sih sebenernya masuk kategori orang bersifat apa, tapi aku pernah bikin satu tes personality yang mengatakan aku ini orang bersifat apa. Kategorinya ternyata Idealis.

Gimana sih sebenernya orang yang idealis itu? Apa idealis=nggak mau menerima kenyataan?
Nggak tau jawabannya.

8 comments:

Unknown said...

MaNda ga bener2 taNya kaN?? maSa' ga tau diri ndiRi kaya' giMaNa?? ;p teMeN ma kepercayaaN beririNgaN??? kaLo gw siH bakaL triak NGGAK keras2... ;p kaLo gw udah biLang gitu, gw realis bukan?? gw ndiri ga taU gw realis or idealis.. kebaNyakan orang campur2 antara realis ma idealis, tergantung masalah apa yang ada.. kalo di bahasa gw, idealis itu orang yang lebih megang ke 'old values'.. kalo realis lebih ngelihat ke apa yang sebenernya terjadi daripada cuman sekedar ngomong itu salah/bener.. maksudna, kalo idealis itu lebih ke hitam/putih, kalo realis itu lebih ke abu2.. antara 2 itu ga ada bener ma salah.. itu tergantung ma issue apa yang ada, ma gimana kita milih buat jadi idealis or realis.. makanya, meskipun gw tadi shout out "NGGAK," belum tentu gw realis... :)

Amanda Supriadi said...

hahaha ya sebenernya sih antara tau nggak tau Is...just wondering sometimes. Eh blog dikau addressnya apa ya?

Mac said...

Maksud kepercayaan di sini itu tentang agama atau saling percaya? Well, gua anggap ini yang ke dua aja ok? :)

Bagi gua, tanpa kepercayaan, ga ada yang namanya temen... gua anggap seseorang sebagai temen karena gua percaya ma dia... kalo gua ga percaya ma dia, meskipun gua hang out ma dia atau sering ngobrol pun ga gua anggap temen... yang kayak gitu, gua anggap fake friend, seperti yang gua bilang di blog gua...

Issue laen soal idealis = tidak menerima kenyataan... definisi gua tentang idealis sih bahwa dia tidak ikutin alur orang berpikir pada umumnya... dia punya cara pikir yang ga takut melawan arus... tapi kalo emang kenyataan uda terpampang, dia bakal mau ga mau menerimanya... itut lah pengertian gua tentang idealis...

Fari Nasution said...

Refer to the one made by superbabi..... But IMHO, idealis itu TIDAK SELALU SAMA dengan tidak menerima kenyataan..... Idealis itu, IMHO, adalah sudut pandang atau cara berpikir yang secara konseptual, memandang segala hal yang bersifat sempurna (ideal) dari sisi teoritis dan/atau dogmatis. Apakah itu dalam hal norma, akademik, sosial, hukum, bisnis, etika, seni, dll. Batas antara idealis dan perfeksionis kalau begitu memang sangat tipis..... Karena seorang perfeksionis, umumnya pasti akan berpikir idealis, berusaha yang terbaik tanpa ada cacat sesuai dengan keyakinan yang dia anut..... Seorang perfeksionis ideal mengidolakan akal budinya sendiri..... Semuanya harus sempurna, setidaknya dari sudut pandang dia.....

Memang ada beberapa idealis yang tidak menerima kenyataan, dimana dia menolak sudut pandang lain demi menjunjung tinggi keyakinan yang dia anut, dengan kata lain, tidak ada kompromi dengan apa yang dia anut. Inilah sang perfeksionis itu, tapi memang umumnya, hasil karya orang2x seperti ini adalah yang terbaik, mendekati sempurna. Tetapi ada juga beberapa idealis yang mau berkompromi, masih mau mengadaptasi sudut pandang lain yang dia terima di masyarakat, akan tetapi tetap sudut pandang tersebut adalah sudut pandang IDEAL/SEMPURNA yang berlaku di masyarakat. Kita sering mendengar (bahkan mungkin mengucapkannya sendiri) kalimat kalau lagi mencari suatu solusi untuk suatu masalah, kalimat pertamanya adalah, "Idealnya (or seharusnya) sih, bla..bla..bla....."

Akan halnya realis, ini adalah sudut pandang yang HAMPIR SERUPA dengan kompromistik idealis, dimana jika kenyataan tak memungkinkan maka seorang idealis harus berkompromi dengan kenyataan2x yang ada, namun TETAP dengan sifat2x terbaik (yang memungkinkan) dari solusi2x yang tersirat dalam kenyataan tersebut.

Kesimpulan? Bahwa perfeksionis sudah pasti seorang idealis, idealis belom tentu perfeksionis karena seorang idealis masih bisa berkompromi dengan kenyataan yang ada. And I think most of us are the compromised idealist type or realist type.....=)

Unknown said...

maNda, blog gw http://mailpunya.blogspot.com/... blakangan g peRnaH gw update... gi caPek... btw, gw lagi sueeenneeenngg... bsk ada taMu istiMeWa dateNg... ;p

Unknown said...

btw, gw juGa lagi seneng coZ beNtaR lagi mo daftar coLLege di siNi!!!!! :) seMoga aja ktriMa biar gw ga haRus baLik.. di iNdo jg UMPTN susah.. udaH gitu teLat.. bisa jadi nganggur 1 tHn, ga peNgennn.... :( anyway, poKoKnya gt deH.. waH, gw tuLis maCem2 ga jeLas.. ya uda, giNi duLu maNda.. :) Oia, gw dikasi taU rasyid kataNya peNgajiaN kemaRen rusuH ya... ;p

Amanda Supriadi said...

eh eh Is siapa ni yang mo dateng? kasitau doong :p
Iya tu pengajian kemaren udah kayak medan perang. Rasyid menghilang pula...kemanakah dikau kemaren Rasyid...?
Is gue doain semoga loe bisa kuliah disini deh..biar seru

Unknown said...

oM gW mo dateNg, ma kLuarGaNya.. skrg ud d siNi, saMpe jUm'at NaNti.. hehe.. seNeNg... uda lama ga keteMu siH.. biaSaNya kteMu tiap lebaran.. :) tHx doaNya.. btw, gw ga taU kMrn rasYid ke MaNa.. paS gW mPe ruMah, sKLuaRga uda kOmPLit di ruMah.. jadi ya ga taU dia iLaNgnya kaPan, n k mana.. peNgajiaN beSok iNsyaaLLah gw dateNg.. sHaLat id.. umm.. pNgeN mbolos rasanya ga eNak.. paLing dateNg pas maKan2Nya.. ;p SAT gw jelek!!!! ya uda, gNi duLu.. ;p daGh maNda..