Monday, November 14, 2016

Good morning....! And then what?

Ahhh good morning!!
It's 7:37 AM, I am up and I'm uh....kind of confused karena anak2 jam segini lagi diculik ke rumah tetangga. This is unusual, jarang2 jam segini gw udah sendirian dan nggak ada satu-dua cibul yang harus diurusin. Tapi jadinya malah mikir. Now I have like...about an hour of free time this early in the morning, trus gw ngapain ya? Malah bingung hahaha.

Rutinitas pagi para mahmud (mamah muda iniii, ah) yang lain gimana ya kira2? Kalau gw sepertinya salah satu yang alhamdulillahhh banget super-duper beruntung dapet yang modelnya kayak suami gw. Jadi kalau pagi2, yang ngurusin anak2 adalah my boo. Dari mulai mandiin, ngurusin sarapan, sampe akhirnya anter mereka sekolah sambil sekalian pergi ngantor. So whaddya say? Oh betapa ini adalah seorang istri dan ibu durhaka hahahaha (emang wkwkwk). Tapiiiii, in my defense, gw emang biasa baru bisa tidur di atas jam 12 malem. Gw ini kan kerjaannya sebagai freelancer di dunia translating and subtitling. Dan gw baru bisa kerja optimal saat anak2 udah tidur. So my window to work is usually around 2 hours at naptime, and from 9pm-sleepytime at night. Jadi memang, I need that extra 1-2 hours of sleep time in the morning to function properly for the rest of the day. Ditambah lagi, memang I am not a morning (or daylight) person. Jadi my afternoon window nggak terlalu terpakai maksimal. Dari dulu sampe sekarang, belum berubah juga. Otak si gue ini, memang bener2 baru beroperasi dengan optimal begitu matahari terbenam. Nooo I am not exaggerating!
Dari dulu aja waktu kuliah, kalau ngerjain tugas atau belajar buat ujian, ini pikiran baru cespleng kalo udah gelap. Bukan berarti belajar siang totally nggak bisa siih....bisa, tapi ya diseret banget gitu. Kalau lagi waktunya gw harus belajar, magically kebutuhan2 lain muncul dan dirasa harus dikerjain saat itu juga. Organizing my undies drawer...bersihin kamar mandi...ke supermarket beli baut untuk kunci lemari yang agak longgar...literally anything BUT studying (ini nyata ya, gw ngga boong hahaha). Kalau sekarang, giliran buka laptop untuk mulai kerja pas anak2 bobo siang, mulai deh. Misalnya, dari 2 jam yang tersedia untuk kerja, a good 60% was spent on nyari cemilan, watching my favorite show that starts at 4pm (Royal Romance, chinese drama y'all!), play cooking games on my phone, lalu browsing through Buzzfeed. Kerjanya kapan dong jeng...?? Yaa, cuma disisip2in aja antara semua itu tadi hahaha. Pemalas. -.-"

Untung si suami tersayang ini ngerti banget tabiat istrinya yang ampun2an ini dah. Dia nggak nyuruh gw stop doing this kind of work yang ngabisin waktu malam gw, nggak nyuruh gw untuk try to manage my time better.
I guess di suatu hari, dia ngeliat gw tepar abis kerjain translation sampe jam 3 pagi, dia ya..., tau2 mulai aja ngurus anak2 untuk rutinitas pagi. I lafffff youuuuu boo! He understands that I need this job, not so much for the money, tapi untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan emosional juga. Salah satu tantangan buat gw setelah punya anak yang manis2 ini adalah, gimana caranya agar otak gw tetap berputar untuk hal-hal di luar parenting now that I've decided to stay home. Kerjaan gw sebelum nikah adalah di dunia management consulting. Bagi yang belum tau, dunia management consulting is both satisfying and demanding at the same time. Kita harus menyelesaikan problem2 rumit yang dialami suatu perusahaan, yang biasanya permasalahan mereka nggak straightforward. Oh how I love the discussions, the brainstormings, the problem solvings, the responsibility (!) to make things right for the client. It was fast paced, chock-full of brilliant and driven people, and rewarding. Tapii, it was also very time consuming (buat gw sih at least). Good reward though (hint hint buat adek2 brilian yang lagi pilih2 karir, monggo loh dicoba).
Jaid yah, setelah pengalaman gonta-ganti baby sitter, nggak ada yg sreg, I quit. And here I am, several years later, still trying to manage everything properly. Kapan ya kira2 gw bisa jadi expert on all things mommyhood?

No comments: