Tuesday, November 15, 2016

Ibu guru oh ibu guru

Holaaaa....

Hari mengajar gw kemarin kocak deh. Kan gw ngajar 2 kelas bahasa Inggris nih di STT PLN. There were never a dull moment setiap kali gw ngajar. Adaa....aja kelakuan mahasiswa yang kocak2 (ya dosennya juga sih, but I digress....)

Kemarin nih, begitu gw masuk kelas, "Halooo guysss, good morning!" Langsung macem2 deh itu anak2 jawabannya, ni beberapa kelakuannya:
A: Morning ms! Hoi-hoi ayo itu AC nya nyalain, miss nya ngos2an itu! (iye, liftnya antri, jadi gw naik tangga ke lantai 4)
B: Haloo ms, segeran potong rambut ya!
C: Heh! Heh! Ayo balik2 ke kursi! (emang pada bertebaran, ada yang joprok di bawah papan tulis, ada yang pake kursi gw--ini langsung dibersiin di puk-puk in gt kursinya hahaha)

...dan lain-lain dan sebagainya...tapi lalu ada 1 mahasiswi nongkrong di meja gw:
D: Ms! Beli lipstik dong ms! Bagus2 nih warnanya! *langsung menebarkan sekotak liquid lip NYX palsu di meja gw* Ini ada ungu, orens, pink, cocok semua ms!
E: *mulai nyamper ke meja gw juga sambil bawa katalog Oriflame*
Gw: Ung...itu apaan...hhheeyyy udah2 beresin ntar aja abis kelas ah! syuh syuh....(wakakakak)

Dasarrr kocak2 itu anak2...

Kalau kelas berikutnya beda lagi. Gw kan telat tuh masuknya gara2 nyari makan kejauhan, bawa Sofi pulak. Udah deh lama! Begitu gw masuk, langsung pada nanya:
Gw: Haaalooo, sorry sorry I'm late! (masih ngos2an naik tangga lagi, karena lift masih antri, hadeh)
A: Gapapa ms. Abis darimana ms?
B: Ms. segeran deh rambutnya pendek! (ini temenan sama anak kelas C tadi ya?!)
C: Hoi hoi itu AC nyalain lagi ms. nya kepanasan tuh (ni apaan sih kok sama gini??)
Gw: Iyaa, nyari makanan kejauhan, kapok! Kan ngga enak ya kalo makan buru2 gitu, emangnya ospek!

Begitu duduk, gw memandang curiga, takut disodorin katalog oriflame lagi.

Untuk kelas Inggris gw ini, gw ajarin mereka one thing sih.
"Di sini kita belajarnya interaktif ya, ada kalanya saya minta bantuan kalian, ada kalanya kalian akan mengoreksi saya kalau ada kesalahan. Masalah peraturan grammar, mungkin beberapa dari kalian ada yang udah ahli. Kalau saya? Saya totally Inggris terapan, Inggris yang dipake sehari2. Remember, kalian udah kuliah, udah gede. Bukan waktunya lagi didikte oleh guru.
Heck, I don't know everything. I just know more than you."

Dari situ, gw bisa lebih santai ngajarnya. Nggak terlalu ter-pressure harus sempurna, harus tau segala2nya. Kalau ada pertanyaan yang gw nggak yakin, yaudah di Google bareng2, lalu baru gw jelaskan setelahnya. Kalau ada grammar rules yang nggak terlalu terpakai di dunia nyata, I'll let them know. Biar bisa pilah2 lah, mana yang memang essential bagi mereka untuk tahu, dan mana yang nice to know aja.
Anywayy, I like my class environment relaxed, with good humor, with an appropriate amount of respect, but not so much that they feel unable to correct me or ask questions. And yang nomer satu, food is OK in class! Sebenernya lebih buat advantage gw sih ini wakakakak. Asal jangan tiba2 gelar nasi padang di meja mah, sok aja, feel free to munch in my class!


No comments: